8 Langkah Menyambut Ramadhan

Kamis, 18 Mei 2017

8 Langkah Menyambut Ramadhan


Ramadhan adalah bulan yang memiliki banyak keutamaan. Selain karena ummat muslim wajib beribadah puasa, di bulan juga banyak ibadah sunnah yang sayang sekali untuk dilewatkan. Sebagaimana seorang atlet di cabang olahraga tertentu, mereka tidak serta merta ikut nimbrung berlomba. Sang atlet harus menyiapkan diri agar juara dan tidak kembali dengan kesia-siaan. Apatah lagi bulan yang menjanjikan limpahan pahala dan rahmat dari Allah ini. 

Berikut 8 langkah persiapan menyambut ramadhan,

1. Berusaha menyelesaikan semua urusan (dunia) yang menyibukkan sebelum masuknya bulan ramadhan.
2. Mulai mengurangi interaksi dan pertemuan2 yang tidak bermanfaat.
3. Hisablah dirimu setiap hari atas apa yang telah engkau lakukan dari​ amal shaleh di bulan sya'ban ini agar engkau mengetahui sebab-sebab kekuranganmu.
4. Mulai melatih diri dengan berbagai amal yang akan dikerjakan di bulan ramadhan khususnya shaum, shalat lail, dan menambah bacaan Al-Qur'an.
5. Perbanyak do'a dan berharap kepada Allah agar Dia memberi berkah pada umur dan amalmu sebagaimana Allah memberkahimu di bulan sya'ban dan ramadhan.
6. Hadirkan suasana dalam keluarga dengan mengingatkan mereka akan dekatnya bulan ramadhan  dan melatih  anggota keluarga yang sudah mampu untuk berpuasa.
7. Hendaklah engkau memiliki saat-saat bersendiri dimana engkau berzikir kepada​ Allah untuk membersihkan dan meluruskan jiwamu.
8. Bacalah Al-Qur'an dengan hatimu karena pada hakikatnya setiap ayatnya adalah surat dari Allah untukmu.

Saat hilal Ramadhan menyingkapkan diri nanti, kita telah siap untuk meraih ridho-Nya. Menjadi pemenang yang akhirnya finish tanpa penyesalan diri.

Marhaban ya Ramadhan...

Terjemahan dari risalah Syekh Umar alMuqbil hafidzahullahu ta'ala.

0 komentar :

Posting Komentar