Sudah Besar Tidak Tahu Baca Qur'an? Ini Tipsnya

Senin, 24 Oktober 2016

Sudah Besar Tidak Tahu Baca Qur'an? Ini Tipsnya


Kewajiban bagi yang belum bisa baca Al – Qur'an untuk belajar membacanya jika ingin merasakan nikmat dan bahagianya hati karena Al – Qur'an. Nikmat dari seperti ini yang mahal karena tidak ternilai dengan uang, meski punya uang segudang kalau tidak bisa membaca Al – Qur'an tidak dapat dirasa manis dan gurihnya Al – Qur'an. Meski mampu beli Al – Qur'an kalau tidak bisa membacanya apalah artinya?.  Akhirnya, mau tidak mau jika ingin merasakan bahagia dengan Al – Qur'an harus mau belajar membaca Al – Qur'an.

Bagi yang merasa telat atau terlambat menyadarinya pentingnya bisa baca Al – Qur'an jangan bersedih. Umur bukanlah kendala dalam menuntut ilmu, selagi jiwa masih di badan tidak ada kata terlambat untuk belajar. Meskipun dari NOL belajar membaca Al – Qur'an pasti bisa. Hanya perlu diperhatikan bahwa belajar di masa dewasa tidak sama dengan belajar di masa kanak – kanak. Beberapa tips dibawah ini mungkin bisa menjadi bekal untuk belajar membaca Al – Qur'an khususnya bagi orang dewasa. Diantaranya;

  1. Niat yang ikhlas untuk Allah

Semua amalan hendaknya berlandasakan pada keikhlasan termasuk dalam menuntut ilmu Al – Qur'an.   Niat adalah dasar dari semua amalan dan niat yang ikhlas untuk Allah adalah dasar yang paling baik lagi paling kuat. Orang yang memiliki niat yang ikhlas dalam belajar Al – Qur'an seperti orang yang sudah memilki modal besar sebelum berangkat peperangan. Modal tersebut membuat siap dan kuat untuk berperang dan kemenanganpun mudah didapatkan. Terlebih Allah telah menjamin memudahkan Al – Qur'an untuk dipelajari, tentunya bagi mereka orang – orang yang ikhlas karena Allah dalam belajar Al – Qur'an.

 

  1. Doa yang jujur

Doa adalah senjata bagi orang yang berkeinginan (memilki hajat). Doa yang kita panjatkan kepada Allah adalah tanda keimanan dan ketawakalan kita kepada-Nya. Keimanan dan ketawakalan pada Allah akan membuat Allah ridho dan menunjukan jalan kemudahan serta menguatkan kita untuk menempuhnya. Orang yang ingin belajar Al – Qur'an hendaknya berdoa kepada Allah agar diberikan tambahan ilmu dan diberikan kesabaran dalam proses pembelajaranya. Allah pasti akan memberikan kemudahan dan menguatkan kesabaran kita jika doa kita berbungkus keimanan dan ketawakalan kepada-Nya.

 

  1. Semangat yang kuat

Meski belajar membaca Al – Qur'an itu mudah tanpa semangat yang kuat akan sulit mempelajarinya. Semangat yang kuat akan membuat kita siap berkorban untuk mendapatkan apa yang kita cari. Pengorbanan itulah yang akan membuat proses belajar Al – Qur'an jadi lebih nikmat dan lebih mudah, hingga tanpa terasa dengan keihlasan dan pengorbanan kita terus belajar dan akhirnya bisa membaca Al – Qur'an dengan baik dan benar. Terlebih bagi orang dewasa, semangat yang kuat atas dasar ibadah dalam belajar membaca Al – Qur'an sangat diperlukan untuk merantas semua kesulitan dalam belajar membaca Al – Qur'an.

 

  1. Metode yang tepat

Proses pembelajaran melibatkan materi pembelajaran "apa" yang kita pelajari dan metode pembelajaran "bagaimana" kita mempelajari. Dalam belajar membaca Al – Qur'an sudah jelas, apa yang kita pelajari? Al – Qur'an. Lalu bagaimana dengan metode kita dalam mempelajarinya?. Metode belajar membaca Al – Qur'an di Indonesia sudah cukup banyak. Semua memiliki kekurangan dan kelebihan masing – masing. Beberapa metode ada yang cocok untuk pengajaran di anak – anak karena memang disusun untuk keperluan mengajar di Taman Kanak – Kanak (TK-TPA) . Beberapa diantaranya ada yang disusun khusus untuk pengajaran di masyarakat atau khusus orang dewasa. Pilih metode yang cocok untuk orang dewasa, salah satunya cirinya adalah metode pengajaran yang banyak praktek dan pelibatan peserta didik dalam proses pembelajaranya. Dengan memilih metode yang tepat dalam belajar membaca Al – Qur'an kita akan lebih mudah dalam mempelajarinya dan hasil akan lebih baik, in saa Allah.

Alhamdulillah, menjadi bisa membaca Al – Qur'an adalah satu nikmat yang tidak ternilai dengan materi. Melantunkan Al – Qur'an secara baik melalui lesan akan membuat jiwa segar, pikiran tenang dan kebahagiaan yang terus bersambung di hati. Orang yang bisa membaca Al – Qur'an boleh diibaratakan seperti seorang yang menerima surat dari atasan dan bisa membaca isi surat tersebut, sehingga mengerti apa isi surat dan merasakan suasana berkomunikasi dengan sang pengirim surat. Orang yang tidak bisa baca Al – Qur'an boleh diibaratkan seperti orang yang menerima surat tapi tidak tahu apa isi surat lantaran tidak bisa membaca surat terebut, malanglah orang seperti ini karena tidak tahu ada untung atau rugi. [quran/ok]

0 komentar :

Posting Komentar